Beri uang lebaran pada anak

Bagi-bagi uang lebaran kepada anak-anak, ini hukumnya


Sudirman Said santuni anak yatim di Tambora. ©2017 Mediaviewfinder.tk/RidhoNET

Merdeka.com - Idul Fitri ialah hari yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim. Di mana setelah satu bulan puasa dapat merayakan hari kemenangan. Hari raya Idul Fitri atau lebaran waktu berkumpul dengan keluarga besar. Saling maaf memaafkan dan bergembira bersama.

Tradisi makan ketupat dan opor juga yang paling khas. Kendati pada bulan biasa bisa masak menu itu tapi pada lebaran lebih khas. Selain makan ketupat opor ada juga tradisi lain yang tak kalah ditunggu dan menyenangkan, khususnya untuk anak-anak. Itu adalah tradisi bagi-bagi uang lebaran atau disebut THR.

Tradisi ini seolah tidak pernah luput pada suasana lebaran. Namun bagaimana hukum dalam Islam bagi-bagi uang lebaran?

Ustaz Syamsul Arifin Nababan, pendiri pondok pesantren mualaf An Nabba Center mengatakan memberikan uang lebaran kepada anak-anak atau sanak saudara boleh. "Boleh saja namanya kasih hadiah atau sedekah," kata Ustaz Nababan.

Yang perlu dicatat tujuan memberikan uang lebaran bukan untuk riya melainkan tulus sedekah. Dalam Islam hal ini tidak wajib, namun hanya tradisi khususnya di Indonesia. "Itu tidak harus cuma tradisi," ujarnya

SUMBER BERITA: mediaviewfinder.tk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selebriti nikahi fans